Pages

Selasa, 16 Juni 2015

EKC Ngeblog Week - 1 (The Unique Title) Manusia Setengah Salmon by Raditya Dika



Hallo!

Akhirnya aku bisa posting di blog ini lagi. Udah jarang menjamah blog sejak hampir setahun karena gatau mau post apa, hehehe. Anyway, sekarang aku mau bahas tentang satu buku yang punya judul unik/menarik. Sesuai dengan tema EKC Ngeblog di minggu pertama ini.

Alright, kalian pasti ga asing lagi sama novelist dan komedian Raditya Dika dong? Kreativitas dan karyanya sudah banyak diakui jempol dari semua kalangan, terutama kaum muda Indonesia.

Raditya Dika punya 7 judul novel yang berhasil dia bawa ke dunia pembaca dan kerap kali jadi bestseller! Genre dari novel ini lebih ke komedi dan personal essay.  Dan semua novel Raditya Dika ini menggunakan unsur nama hewan. Seperti novel petamanya yaitu Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh, terus disambung dengan buku kedanya sampai yang terakhir di publish yaitu; Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, dan Koala Kumal.

Nah, sekarang aku mau ambil buku ke-6-nya Raditya Dika yaitu Manusia Setengah Salmon. Kalo kalian tanya kenapa aku pilih buku ini, well, karena ini satu-satunya buku Raditya Dika yang sudah aku baca dari awal sampai akhir. Hahaha. Buku ini juga sudah difilmkan loh! Weheeew!



Meskipun kadang isi dari buku ini melenceng dari judulnya, tapi entah kenpa buku ini bisa tetep bikin nyaman dan ketawa pembacanya. Ya, itu sih yang aku rasain. Buku ini punya judul yang sempet bikin aku mikir, manusia setengah salmon wujudnya gimana ya? Tapi setelah dibaca dan sampe ending, barulah tau apa sebenernya maksud dari manusia setengah salmon ini.

Buku ini banyak menceritakan tentang gimana seseorang yang harus pergi dari masa lalunya dan coba buat buka lembaran baru. Pesan yang ingin disampaikan Raditya Dika kali ini emang manteb banget sekaligus disuguhkan dengan bumbu komedi yang bikin pembacanya jadi ga bosen dan kepo di setiap babnya.

Well, gitu deh postingan aku tentang EKC Ngeblog kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!


“Mau tak mau, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Bahkan rela mati ditengah jalan demi mendapatkan apa yang diinginkannya”


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren kinan 👍

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

salah satu buku favku de ! soalnya temanya tntg move on :p aku butuh move on *malah curhat*

Posting Komentar